Halaman

Selasa, 24 September 2019

Sample LK Kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah 2019

Sample LK Kegiatan  Diklat Penguatan Kepala Sekolah 2019


LK-01 Prosedur Penyusunan RKS

Nama Kelompok         : II
Anggota                       : NGUMPRIYATUN




No
Standar Nasional Pendidikan
Indikator Mutu yang Rendah
Rekomendasi
Program Prioritas
1
Isi
2.3.1
Menyediakan alokasi waktu pembelajaran sesuai struktur kurikulum yang berlaku
Menyusun RPE sesuai dengan kalender pendidikan
Membuat prota dan promes
2
Proses
3.1.3
Menyusun dokumen rencana dengan lengkap dan sistematis

Melakukan analisis, KI, KD dan Indikator

Mengadakan workshop perangkat pembelajaran
3
Kompetensi Lulusan
1.2.1
Memiliki pengetahuan faktual, prosedural, konseptual, metakognitif
Peningkatan kompetensi guru dan pemberian latihan soal HOTS


Worshop pembuatan soal HOTS

4
Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
5.1.2
Rasio guru kelas terhadap rombongan belajar seimbang

Mengusulkan ke dinas pendidikan untuk pemenuhan tenaga guru
Pemenuhan rasio guru
5
Sarana Prasarana
6.2.2
Memiliki ruang perpustakaan yang layak pakai
Mengakukan proposal ke dinas pendidikan
Memiliki ruang perpustakaan sesuai standart
6
Pengelolaan
7.2.6
Melaksanakan pengelolaan bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran
Membentuk TPMPS (tim pengembang mutu pendidikan sekolah)
Menyusun RKS, RKT dan RKAS
7
Pembiayaan
8.1.2
Membebaskan biaya bagi siswa yang tidak mampu
Subsidi silang bagi siswa yang tidak mampu
Menfasilitasi kebutuhan sekolah bagi siswa yang tidak mampu
8
Penilaian
4.4.3
Menggunakan instrumen penilaian aspek sikap
Menyusun instrumen penilaian sikap
Melaksanakan penilaian sikap dengan menggunakan instrumen


LK-02.a
Tugas: Penentuan Target Capaian dan Tonggak Keberhasilan (Milestones)
Rubrik:
Rentang Nilai
Rubrik
86 – 100
Jika strategi pencapaian menyelesaikan kesenjangan antara kondisi saat ini dan kondisi yang di harapkan dalam 7-8 SNP
76 - 85,99
Jika strategi pencapaian menyelesaikan kesenjangan antara kondisi saat ini dan kondisi yang di harapkan dalam 5-6 SNP
66 - 75,99
Jika strategi pencapaian menyelesaikan kesenjangan antara kondisi saat ini dan kondisi yang di harapkan dalam 3-4 SNP
0 – 5,99
Jika strategi pencapaian menyelesaikan kesenjangan antara kondisi saat ini dan kondisi yang di harapkan dalam 1-2 SNP

Petunjuk:
1.   Bentuklah kelompok terdiri atas 3-5 orang.
2.   Amati program prioritas 8 SNP dalam LK 1.
3.   Tulislah target pencapaiannya dalam 1 tahun dan 4 tahun.
4.   Tulislah strategi pencapaian target tersebut.
Nilai karakter yang dikembangkan dalam mengerjakan LK ini adalah gotong royong (sub nilai kerja sama) dan integritas (sub nilaii tanggung jawab).

No
Standar Nasional Pendidikan
Analisis Kondisi
Strategi Pencapaian
Kondisi Saat Ini
Target 1 Tahun
Target 4 Tahun
1
Isi
Belum semua guru membuat prota dan promes
Semua guru harus membuat prota dan promes
Guru mengaplikasikan prota dan promes dalam RPP
Workshop
2
Proses
perangkat pembelajaran belum lengkap
Guru melengkapi perangkat pembelajaran
Guru mempunyai perangkat pembelajaran
Supervisi dan pengawasan
3
Kompetensi Lulusan
Belum di adakannya worshop pembuatan soal HOTS

Melakukan workshop pembuatan soal HOTS
Guru melakukan penilaian dengan soal HOTS
Melakukan pendampingan dan pengawasan oleh KS
4
Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
Belum terpenuhinya rasio guru dengan jumlah rombel
Rasio guru dan jumlah rombel terpenuhi
Rasio guru dan jumlah rombel terpenuhi
Mengajukan tambahan guru kepada dinas pendidikan
5
Sarana Prasarana
Belum memiliki ruang perpustakaan sesuai standart
Proses terpenuhi ruang perpustakaan
Memiliki ruang perpustakaan yang sesuai standart
Mengajukan proposal kepada Dinas Pendidikan
6
Pengelolaan
Belum tersusunnya  RKS, RKT dan RKAS sesuai raport mutu
Tersusunnya RKS, RKT dan RKAS sesuai raport mutu
Terlaksananya RKS, RKT dan RKAS sesuai raport mutu
Membuat tim TPMPS
Menyusun instrumen dan melakukan monev
7
Pembiayaan
Sekolah belum memfasilitasi kebutuhan siswa yang tidak mampu
Mengidentifikasi kebutuhan siswa yang tidak mampu
Terpenuhinya kebutuhan siswa yang tidak mampu
Dianggarkan dari dana BOSNAS, dana alumni, sumbangan sukarela, dudi
8
Penilaian
Guru belum semuanya melaksanakan penilaian sikap dengan menggunakan instrumen
Pendampingan penilaian sikap dengan menggunakan instrumen
Tercapainya penilaian sikap dengan menggunakan instrumen
Workshop dan pendampingan dan pemantaau berkala oleh pengawas.


Kondisi saat ini: diisi dengan rating pencapaian masing-masing standar pada rapor mutu.

Target 1 Tahun: diisi dengan rating dan deskripsi kondisi yang diharapkan dalam 1 tahun.

Target 4 Tahun: diisi dengan rating dan deskripsi kondisi yang diharapkan dalam 4 tahun.

Strategi Pencapaian: diisi dengan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengatasi gap (kesenjangan) antara kondisi saat ini dan kondisi yang diharapkan dalam memenuhi 8 SNP.


 LK-02.b

Tugas: Kajian dan Pengembangan RKS
Rubrik:
Rentang Nilai
Rubrik
86 – 100
Hasil diskusi menunjukkan kemampuan mengidentifikasi secara tepat tentang kelebihan dan kekurangan RKS  serta mampu memberikan lebih dari  satu alternatif usulan yang rasional untuk  pengembangan  RKS.
76 - 85,99
Hasil diskusi menunjukkan kemampuan mengidentifikasi cukup  tepat tentang kelebihan dan kekurangan RKS  serta mampu memberikan satu usulan yang rasional untuk  pengembangan  RKS.
66 - 75,99
Hasil diskusi kurang  menunjukkan kemampuan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan RKS  serta memberikan usulan yang kurang tepat untuk  pengembangan  RKS.
0 – 5,99
Hasil diskusi belum menunjukkan kemampuan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan RKS  serta belum bisa  memberikan  usulan rasional untuk  pengembangan  RKS.

Petunjuk:
Bentuklah kelompok terdiri atas 3-5 orang. Setiap kelompok mengkaji RKS sesuai dengan jenjang sekolah. Gunakan instrumen analisis dan Rekomendasi Perbaikan RKS yang tersedia. Diskusikan kelebihan dan kekurangan RKS tersebut, dan buatlah rekomendasi perbaikan.
Nilai karakter yang dikembangkan adalah gotong royong (sub nilai kerja sama) dan integritas (sub nilai tanggung jawab).


Format Analisis dan Rekomendasi Perbaikan Rencana Kerja Sekolah

Nama Kelompok:        _____________________
Jenjang:                      _____________________
Waktu:                         40 menit

Berikan tanda √ jika “ya“, dan berikan tanda (Χ) jika ”tidak”.
No
Kegiatan
Kelengkapan
Temuan
Rekomendasi/ Tindak Lanjut
Ya
Tidak
A
Pendahuluan





1
Analisis Lingkungan Strategi
V

Tidak mempunyai ruang guru
Mengajukan proposal pembangunan ruang guru ke Dinas Pendidikan

2
Analisis Pendidikan Saat ini (Nyata)






a.  Standar Kompetensi Lulusan
V

Lulusan masih 70% yang melanjutkan
Meningkatkan kwantitas yang melanjutkan ke jenjang lebih tinggi


b.  Standar Isi
V

RPP hanya tersusun 75%
Workshop


c.  Standar Proses
V

Belum semua guru memiliki perangkat pembelajaran
Workshop
Supervisi
Pengawasan


d.  Standar Pendidik dan Tenaaga Kependidikan
V

Kepala sekolah belum melaksanakan tupoksi secara maksimal
Pendampingan dan monev oleh pengawas


e.  Standar Sarana Prasarana
V

Belum adanya ruang SIM, komputer guru, dan komputer lab IPA
Mengajukan proposal ke dinas pendidikan
Dianggarkan dana BOS


f.   Standar Pengelolaan
V

Belum ada tim monev, tidak ada pelaporan, tidak terpasang jariangan SIM
Membentuk tim MONEV dan jobdes
Menganggarkan pada BOS


g.  Standar Pembiayaan
V

Daya serap penggunaan anggaran belum maksimal
Melakukan analisa kebutuhan


h.  Standar Penilaian Pendidikan
V

Belum semua guru mengembangkan penilaian secara maksimal
Supervisi dan pendampingan


i.    Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah
V

Sanitasi dan drainase kurang
Mengajukan ke dinas pendidikan
Kerjasama dengan DUDI
Memperdayakan PSM
Menganggarkan pada dana BOS

3
Analisis Pendidikan 4 Tahun Mendatang
v

Jumlah kelulusan 100  %
Meningkatkan nilai NUN tahun depan.


a.   Standar Kompetensi Lulusan
V

A.                Semua perangkat pembelajaran KTSP,Silabus dan RPP sudah terpenuhi 100 %
A.Buku

Mengembangkan perangkat yang dimiliki KTSP,Silabus,RPP,


b.  Standar Isi
V

Semua Indikator Standar Proses sudah terpenuhi 100%
Meningkatkan Standar yang lebih Tinggi


c.   Standar Proses
v

1.Kepala Sekolah sudah pelatihan LPPKS
2.Guru dan TU dalam pelatihan Bahasa Inggris melum mencapai 100%
Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah.
Guru dan TU perlu pelatihan Bahasa Inggris.


d.  Standar Pendidik dan Tenaaga Kependidikan
v

Sarpras sudah terpenuhi,yang belum ada ruang guru
Mengajukan Proposal Pengadaan ruangKeDinas Pendidikan.


e.   Standar Sarana – Prasarana
v

Semua sudah tercapai 100%
Mengembangkan Perangkat Dokumen ,Struktur Organisasi,Supervisi dan Monev dan Hasil Akreditasi lebih baik lagi.


f.   Standar Pengelolaan
v


Sudah terpenuhi 100%




g.  Standar Pembiayaan
v

Semua sudah mencapai 100%
Mempertahankan dan meningkatkan agar lebih baik.


h.   Standar Penilaian Pendidikan
V






i.    Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah
v

Jumlah kelulusan 100  %
Meningkatkan nilai NUN tahun depan.
B
Visi
V

Unggul dalam prestasi, berakhlakul karimah, dan berwawasan lingkungan yang berbudaya
Unggul dalam prestasi, berkarakter dan berbudaya lingkungan
C
Misi
V

Misi sesuai dengan visi

D
Tujuan 4 Tahun Mendatang
V

Sesuai dengan visi dan misi

E
Identifikasi Tantangan Nyata (Kesenjangan Kondisi) Antara Kondisi Pendidikan Saat Ini Terhadap Kondisi Pendidikan 4 Tahun Mendatang
V

Belum maksimalnya dukungan internal dan eksternal
Perlu dukungan dari internal dan eksternal
F
Program Strategis
V

Sesuai dengan SNP (PP. no. 19 th 2005)
Dipertahankan dan dikembangkan
G
Strategi Pelaksanaan atau Pencapaian





1
Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan
V

Belum nampak keberhasilan dalam prestasi sesuai visi dan misi sekolah
Perlu adanya supervisi dan pendampingan

2
Pengembangan Standar Isi
V




3
Peningkatan Standar Proses
V




4
Peningkatan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
V




5
Peningkatan Standar Sarana – Prasarana
V




6
Peningkatan Standar Pengelolaan
V




7
Pengembangan Standar Pembiayaan
V




8
Pengembangan Standar Penilaian Pendidikan
V




9
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah
V



H
Hasil yang Diharapkan





1
Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan
V




2
Pengembangan Standar Isi
V




3
Peningkatan Standar Proses
V




4
Peningkatan Standar Pendidik dan Tenaaga Kependidikan
V




5
Peningkatan Standar Sarana – Prasarana
V




6
Peningkatan Standar Pengelolaan
V




7
Pengembangan Standar Pembiayaan
V




8
Pengembangan Standar Penilaian Pendidikan
V




9
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah
V



I
Jadwal Supervisi dan  Monitoring
V



J
Pembiyaan
V



Jumlah ‘Ya”




Nilai





  




2 komentar:

KOLEKSI AKSI NYATA PADA PMM & TRIK LOLOS VALIDASI

 ANDA CEPAT LULUS TOPIK DI PMM DAN SEGERA DAPAT SERTIFIKAT ? Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah salah satu Platform Teknologi yang merup...