LAPORAN HASIL
FASILITASI
PENGEMBANGAN
KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
MODA TATAP MUKA
IN-ON-IN
NAMA IN/MENTOR : NGUMPRIYATUN,M.Pd
NIP :
19700913 199304 2 001
KELOMPOK KOMPETENSI : B & I
MATA PELAJARAN/PAKET
KEAHLIAN : GURU KELAS SD
UNIT KERJA :
SDN KETAWANG KARAY I
KEMENTERIAN PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL
GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2017
DAFTAR ISI
Cover
...............................................................................................................................
|
i
|
DAFTAR ISI
.......................................................................................................................
|
ii
|
BAB I. PENDAHULUAN .....................................................................................................
|
1
|
A. Latar Belakang
.............................................................................................................
|
1
|
B. Tujuan ..........................................................................................................................
|
2
|
BAB II. PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN
..................................................................
|
3
|
A. Peserta
.........................................................................................................................
|
3
|
B. Waktu Pelaksanaan dan Materi
...................................................................................
|
3
|
C. Hasil Kegiatan
..............................................................................................................
|
9
|
D. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan
....................................................................................
|
9
|
BAB III. SIMPULAN
.......................................................................................................
|
10
|
LAMPIRAN
........................................................................................................................
|
11
|
PENILAIAN SIKAP PESERTA
|
|
PENILAIAN KETERAMPILAN PESERTA
FOTO KEGIATAN
|
BAB
I. PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Peningkatan
kompetensi guru terkait dengan profesionalismenya, harus dilakukan secara
berkelanjutan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor
16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya serta
Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang petunjuk teknis Jabatan Fungsional Guru
dan Angka Kreditnya untuk kenaikan karir dan kepangkatannya.
Tahun
2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama
untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikkan capaian
nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70.
Penyelenggaraan
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melibatkan berbagai macam pihak.
Bentuk pelibatan dilakukan dengan berbagai cara seperti memberikan dukungan
bagi terselenggaranya Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, baik
dalam moda tatap muka, dalam jejaring (daring) murni, maupun daring kombinasi.
Salah satu komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan program ini adalah
Instruktur Nasional/Mentor.
Bentuk
pelibatan Instruktur Nasional/Mentor dalam Program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan ini merupakan salah satu amanah seperti yang tertuang pada
Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2016
Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Dan Tambahan Penghasilan
Bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah bahwa bagi guru yang mendapat tugas
tambahan sebagai narasumber nasional/instruktur nasional/tim pengembang/mentor
untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau pelaksanaan diklat
kurikulum, memiliki beban mengajar paling sedikit 12 (dua belas) jam tatap muka
per minggu untuk mata pelajaran yang diampu, sesuai dengan sertifikat pendidik
yang dimilikinya.
1
|
Laporan
hasil fasilitasi ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban instruktur
nasional/mentor yang telah selesai melaksanakan kegiatan mengajar pada program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
B.
Tujuan
Tujuan
dari kegiatan ini adalah membimbing dan memfasilitasi peserta pada Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sehingga dapat menjadi peserta yang
aktif, belajar secara individu sesuai kebutuhan, dan juga dapat saling berbagi
(sharing) pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan peserta lainnya
sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.
BAB II. PELAKSANAAN DAN HASIL
KEGIATAN
A.
Peserta
Peserta yang telah mengikuti
kelas modul B kelompok kompetensi Paedagogik dan professional adalah sejumlah
20 (dua puluh) orang guru
Peserta yang telah
mengikuti kelas modul I kelompok
kompetensi Paedagogik dan profesional adalah sejumlah 20 (dua puluh) orang, yang dilaksankan dengan
moda IN-ON-IN,dengan pola 20-20-20
Data lengkap peserta
terlampir.
B.
Waktu Pelaksanaan dan Materi
1. Waktu pelaksanaan Kegiatan pada Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan pada modul B & I kelompok kompetensi Pedagogik & Profesional dilaksanakan pada 14 sampai dengan 27 Oktober2017 . Pola kegiatan
dilaksanakan selama 60 JP dengan Moda Tatap Muka In – On -In tipe 20-20-20
dengan rincian jam sebagai berikut :
Ø In
I : 20 jp selama 2 hari ( 10 jp/hari) :
14-15 Oktober 2017
Ø On
: 20 hari ( 2 jp/hari) : 16-25
Oktober 2017
Ø
2
|
Deskripsi Pelaksanaan
Kegiatan IN 1
TAHAPAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
|
|
PERSIAPAN
|
Mengecek
kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer, atau media lainnya.
|
5 Menit
|
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Pengkondisian
Peserta
|
10 Menit
|
|
Fasilitator
menjelaskan nama, tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu, dan skenario
kegiatan pembelajaran materi pelatihan Teori belajar dan prisip-prinsip
pembelajaran
|
|||
Fasilitator
memotivasi peserta, mengajak berdinamika agar saling mengenal, serius,
semangat, dan bekerja sama saat proses pembelajaran berlangsung.
|
|||
KEGIATAN INTI
|
Diskusi tentang Teori
belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran
|
||
Penayangan
cuplikan video pembelajaran. Curah pendapat pengalaman peserta diklat dalam
pembelajaran terkait teori belajar Mengkaji materi teori belajar Diskusi dan
presentasi perwakilan kelompok 35 Menit
Tugas
LK 1.1 s.d. 1.3
Kerja kelompok melaksanakan tugas LK 1.1
s.d. 1.3. LK 1 yaitu memahami teori belajar, LK. 2 membuat kegiatan
pembelajaran, LK. 3 melakukan analisis kegiatan pembelajaran. Setiap kelompok
mengerjakan semua
Curah
pendapat pengalaman peserta diklat dalam pembelajaran terkait prinsip-prinsip
pembelajaran Mengkaji materi prinsip-prinsip pembelajaran Diskusi dan
presentasi perwakilan kelompok
Mengerjakan
soal latihan/evaluasi
|
35’
30’
35’
10’
|
||
Mereviu materi
pelatihan Karakteristik Peserta Didik
|
15’
|
||
Menugaskan LK 2.1
(diskusi prinsip-prinsip pembelajarn dan implikasinya bagi siswa dan bagi
guru) dan LK 2.2 (menyusun scenario pembelajaran sesuai dengan
prinsip-prinsip pembelajaran) untuk dikerjakan pada saat ON
|
|||
Refleksi dan umpan
balik tentang proses pembelajaran.
|
|||
Fasilitator menutup
pembelajaran
|
|||
JUMLAH ALOKASI WAKTU
|
135
MENIT
|
TAHAPAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
|
|
Mengecek
kelengkapan alat pembelajaran, seperti: Laptop/notebook, White board, Spidol,
Active Speaker, danLaser Pointer. atau media pembelajaran lainnya.
|
|
||
Pengkondisian
Peserta:
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta diklat.
Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif.
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan
skenario kegiatan pembelajaran
|
10’
|
||
Topik
I
Kegiatan
Pembelajaran 1: Operasi Hitung campuran Bilangan Bulat
Mengkaji inti
mengerjakan LK secara berkelompok: LK 01, LK 02
Kegiatan
Pembelajaran 2: FPB dan KPK
Mengkaji inti materi
mengerjakan LK secara berkelompok: LK 04
Kegiatan
Pembelajaran 3: Pangkat dan Akar
Mengkaji inti materi
mengerjakan LK secara berkelompok: LK 06
Topik
II:
Kegiatan
Pembelajaran 1: Operasi Hitung Pecahan
Mengkaji inti materi
Mengerjakan LK secara berkelompok: LK 08
Kegiatan
Pembelajaran 2: Pecahan sebagai Perbandingan
Mengkaji inti materi
Mengerjakan LK secara berkelompok: LK 10, LK 11 (no. 1 dan 3)
Topik
III
Kegiatan
Pembelajaran 1: Menginterpretasikan Data dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang,
dan Diagram Lingkaran
Mengkaji inti materi
|
90’
90’
|
||
Mengerjakan LK secara berkelompok: LK 12 (no. 1, 2, 3)
Kegiatan
Pembelajaran 2: Menentukan Rata-rata, Median, atau Modus Suatu Kumpulan Data
Menggunakan Statistika Sederhana
Mengkaji inti materi
Mengerjakan LK secara berkelompok: LK 15 (No. 1, 2, 5)
|
|||
Review
materi dan penguatan
Refleksi
dan umpan balik tentang proses pembelajaran.
Fasilitator
menutup pembelajaran
|
20
|
||
Jumlah alokasi waktu
|
270’
|
On
the Job Learning (On)
Kegiatan on the job
learning adalah kegiatan mandiri. Peserta mengerjakan tugas di sekolah/rumah,
tanpa didampingi Instruktur. Waktunya adalah 10 hari. Pembagian tugas bisa
diatur sebagai berikut:
a. Hari ke 1 – 5
Mengerjakan LK pada
Kelompok Kompetensi ke-1 (KK-1) baik pedagogik maupun profesional. Guru bisa
meluangkan waktunya setiap hari 2 jam untuk mengerjakan LK On tanpa mengganggu
tugas mengajarnya. Guru boleh mengerjakan LK bersama teman sejawat.
b. Hari ke 6 – 10
Mengerjakan LK pada
Kelompok Kompetensi ke-2 (KK-2) baik pedagogik maupun profesional. Disarankan
juga membuat Power Point untuk mempresentasikan hasil kerjanya pada saat IN-2
nanti.
Kegiatan In 2
6
|
TAHAPAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Mengecek
kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer, atau media lainnya.
|
||
Pengkondisian
Peserta
|
10’
|
|
Fasilitator
menjelaskan nama, tujuan, pelaksanaan IN-2 moda Tatap Muka pola 20-20-20, dan
menjelaskan mekanisme pelaksanan kegiatan
|
||
Presentasi
portofolio peserta
|
||
Peserta
satu-persatu melaknsanakan presentasi yang dipinpin langsung oelh
fasilitator, tidak ada proses Tanya jawab pada kegiatan ini
|
305’
|
|
Refleksi
penguatan penguasaan materi peserta, Tanya jawab dan pembahasan materi materi
sulit bagi peserta
|
450’
|
|
Refleksi
dan umpan balik tentang proses pembelajaran.
|
90’
|
|
Fasilitator
menutup pembelajaran
|
||
Pelaksanaan
Tes Akhir
|
45’
|
|
Jumlah alokasi waktu
|
900
menit
|
7
|
2.
Materi
8
|
C.
Hasil Kegiatan
Hasil kegiatan berupa
uraian tentang:
1.
Dari 20 peserta diklat ,100 % peserta dapat menyelesaikan seluruh
pembelajaran,
2.
Perolehan
nilai rata-rata dari sikap dan ketrampilan baik sekali
3.
.Hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PKB
hamper dirasa tidak ada.
Data
hasil penilaian sikap dan keterampilan terlampir
D.
Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan
Evaluasi Pelaksanaan
Kegiatan ini menggunakan beberapa format Smiley Face ( Umpan Balik ) dari
peserta , format nilai Sikap & Keterampilan Peserta selama pelaksanaan
Diklat
1. Umpan Balik (smiley
face)
Instrumen umpan balik
sesi diberikan sebanyak dua kali selama keseluruhan proses pembelajaran. Pada instrumen tersebut peserta diminta untuk
memberikan reaksi terhadap pembelajaran melalui pilihan ekspresi “sangat
memuaskan/memuaskan/biasa/kecewa/mengantuk”. Berdasarkan hasil rekapitulasi
data umpan balik sesi dari keseluruhan
peserta diperoleh data :
a. In
pertama hari ke 1& 2 dari 20 peserta yang
merespon, 16 orang memilih ekspresi “sangat memuaskan”, 2 orang memilih ekspresi “memuaskan”,2 orang
memilih ekspresi “biasa”, - orang memilih ekspresi “kecewa” dan - orang memilih ekspresi “mengantuk”.
b. In kedua hari
ke 1& 2 dari 20 peserta yang merespon,18 orang memilih ekspresi
“sangat memuaskan”, 2 orang memilih
ekspresi “memuaskan”, - orang memilih ekspresi “biasa”, -orang memilih ekspresi “kecewa” dan - orang memilih ekspresi “mengantuk”.
2. Pengamatan Nilai Sikap
& Keterampilan Peserta
( datta terlampir )
9
|
BAB III. SIMPULAN
Pelaksanaan Diklat PKB
Moda Tatap Muka Pola 20-20-20 pada Modul B I baik kompetensi Pedagogik maupun
Profesional yang dilaksanakan di PB SDN Pangarangan 3 Kecamatan Kota kabupaten Sumenep berjalan
lancar
Semua peserta tidak ada
yang absen selama In 1 & 2 dan pada umumnya peserta sangat antusias
terhadap pelaksanaan program ini terlihat
pada daftar isian pengamatan nilai sikap dan keterampilannya sangat
bagus
Mereka saat branstorming
dan presentasi juga semangat sekali menanggapi jawaban – jawaban dari peserta
lainnya
Peserta juga tepat waktu
terhadap semua tagihan LK yang menjadi tanggungjawabnya
Program ini sangat tepat
bagi para guru untuk berkesempatan mengembangkan dirinya karena selain
kompetensi pedagogik dan profesional ,kompetensi sosial dan kepribadianpun juga
dapat dikembangkan seperti saat para guru berdiskusi kerja kelompon bahkan saat
On The Job Learning pun semangat kerja sama bisa diacungi jempol.
10
|
LAMPIRAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2017
PENILAIAN
SIKAP PESERTA
Nama
Kegiatan :
Kelas/Jenjang :
Mapel/Paket
Keahlian :
Tempat :
Tanggal :
No
|
Nama
Peserta
|
Instansi
|
Nilai
Tiap Aspek
|
||||
Kerjasama
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Keaktifan
|
||||
|
|||||||
Keterangan:
|
|||||||
No.
|
Nilai
|
Predikat
|
Keterangan
|
Penatar 1,
|
Penatar 2,
|
||
1.
|
> 90 – 100
|
Amat Baik
|
Lulus
|
||||
2.
|
> 80 – 90
|
Baik
|
Lulus
|
||||
3.
|
> 70 – 80
|
Cukup
|
Tidak Lulus
|
||||
4.
|
> 60 - 70
|
Sedang
|
Tidak Lulus
|
||||
5.
|
< 60
|
Kurang
|
Tidak Lulus
|
................................
|
............................
|
||
NIP -
|
NIP -
|
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2017
PENILAIAN
KETERAMPILAN PESERTA
Nama
Kegiatan :
Kelas/Jenjang :
Mapel/Paket
Keahlian :
Tempat :
Tanggal :
No.
|
Nama Peserta
|
Asal Lembaga
|
Nilai / Materi
|
|
||||||||||
LK 1
|
LK 2
|
LK 3
|
LK 4
|
LK 5
|
LK 6
|
LK 7
|
LK 8
|
LK 9
|
LK 10
|
|||||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
||||||||||||||
5
|
||||||||||||||
6
|
||||||||||||||
7
|
||||||||||||||
8
|
||||||||||||||
9
|
||||||||||||||
10
|
||||||||||||||
11
|
||||||||||||||
12
|
||||||||||||||
13
|
||||||||||||||
14
|
||||||||||||||
15
|
||||||||||||||
16
|
||||||||||||||
17
|
||||||||||||||
18
|
||||||||||||||
19
|
||||||||||||||
20
|
||||||||||||||
21
|
||||||||||||||
22
|
||||||||||||||
23
|
||||||||||||||
24
|
||||||||||||||
25
|
||||||||||||||
26
|
||||||||||||||
27
|
||||||||||||||
28
|
||||||||||||||
29
|
||||||||||||||
30
|
|
|||||||||||||
31
|
||||||||||||||
32
|
||||||||||||||
33
|
||||||||||||||
34
|
||||||||||||||
35
|
||||||||||||||
36
|
||||||||||||||
37
|
||||||||||||||
38
|
||||||||||||||
39
|
||||||||||||||
40
|
||||||||||||||
Keterangan: Nilai skala 100, menggunakan rubrik yang disediakan dalam
Buku Pegangan Penyegaran Narasumber/Pengampu
|
Keterangan:
|
|||||||||||
No.
|
Nilai
|
Predikat
|
Keterangan
|
Penatar 1,
|
Penatar 2,
|
||||||
1.
|
> 90 – 100
|
Amat Baik
|
Lulus
|
||||||||
2.
|
> 80 – 90
|
Baik
|
Lulus
|
||||||||
3.
|
> 70 – 80
|
Cukup
|
Tidak Lulus
|
||||||||
4.
|
> 60 - 70
|
Sedang
|
Tidak Lulus
|
||||||||
5.
|
< 60
|
Kurang
|
Tidak Lulus
|
................................
|
...............................
|
||||||
NIP -
|
NIP -
|
14
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar