Halaman

Minggu, 12 November 2017

LAPORAN FASILITASI DIKLAT PKB MODA TM IN ON IN 20-20-20 SUMENEP 2017

LAPORAN HASIL FASILITASI 
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN  
MODA TATAP MUKA IN-ON-IN




NAMA IN/MENTOR                                      : NGUMPRIYATUN,M.Pd
NIP                                                                    : 19700913 199304 2 001
KELOMPOK KOMPETENSI                       : B & I
MATA PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN : GURU KELAS SD
UNIT KERJA                                                   : SDN KETAWANG KARAY I



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2017

DAFTAR ISI

Cover ...............................................................................................................................
i
DAFTAR ISI .......................................................................................................................
ii
BAB I. PENDAHULUAN .....................................................................................................
1
A. Latar Belakang .............................................................................................................
1
B. Tujuan ..........................................................................................................................
2
BAB II. PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN ..................................................................
3
A. Peserta .........................................................................................................................
3
B. Waktu Pelaksanaan dan Materi ...................................................................................
3
C. Hasil Kegiatan ..............................................................................................................
9
D. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan ....................................................................................
9
BAB III. SIMPULAN .......................................................................................................
10
LAMPIRAN ........................................................................................................................
11
PENILAIAN SIKAP PESERTA

PENILAIAN KETERAMPILAN PESERTA
FOTO KEGIATAN











BAB I. PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang
Peningkatan kompetensi guru terkait dengan profesionalismenya, harus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya serta Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang petunjuk teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya untuk kenaikan karir dan kepangkatannya.
Tahun 2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikkan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70.
Penyelenggaraan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melibatkan berbagai macam pihak. Bentuk pelibatan dilakukan dengan berbagai cara seperti memberikan dukungan bagi terselenggaranya Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, baik dalam moda tatap muka, dalam jejaring (daring) murni, maupun daring kombinasi. Salah satu komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan program ini adalah Instruktur Nasional/Mentor.
Bentuk pelibatan Instruktur Nasional/Mentor dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini merupakan salah satu amanah seperti yang tertuang pada Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Dan Tambahan Penghasilan Bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah bahwa bagi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai narasumber nasional/instruktur nasional/tim pengembang/mentor untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau pelaksanaan diklat kurikulum, memiliki beban mengajar paling sedikit 12 (dua belas) jam tatap muka per minggu untuk mata pelajaran yang diampu, sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya.

1
Dalam hal guru yang mendapat tugas tambahan sebagai narasumber nasional/instruktur nasional/tim pengembang/mentor pada program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan minimal satu kali, maka guru tersebut memiliki beban mengajar paling sedikit 12 (dua belas) jam tatap muka per minggu untuk mata pelajaran yang diampu, sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimilikinya.
Laporan hasil fasilitasi ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban instruktur nasional/mentor yang telah selesai melaksanakan kegiatan mengajar pada program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.  
B. Tujuan 
Tujuan dari kegiatan ini adalah membimbing dan memfasilitasi peserta pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sehingga dapat menjadi peserta yang aktif, belajar secara individu sesuai kebutuhan, dan juga dapat saling berbagi (sharing) pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan peserta lainnya sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.           

BAB II. PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN
A. Peserta 
Peserta yang telah mengikuti kelas modul B kelompok kompetensi Paedagogik dan professional adalah sejumlah 20 (dua puluh) orang guru
Peserta yang telah mengikuti kelas modul I  kelompok kompetensi Paedagogik dan profesional adalah sejumlah  20 (dua puluh) orang, yang dilaksankan dengan moda IN-ON-IN,dengan pola 20-20-20
Data lengkap peserta terlampir. 
B. Waktu Pelaksanaan dan Materi 
1.  Waktu pelaksanaan Kegiatan pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada modul B & I kelompok kompetensi  Pedagogik & Profesional dilaksanakan pada 14  sampai dengan 27 Oktober2017 . Pola kegiatan dilaksanakan selama 60 JP dengan Moda Tatap Muka In – On -In tipe 20-20-20 dengan rincian jam sebagai berikut :
Ø  In I : 20 jp selama 2 hari  ( 10 jp/hari)            : 14-15 Oktober 2017
Ø  On  : 20 hari ( 2 jp/hari)                                  : 16-25 Oktober 2017
Ø 

2
In II : 20 jp selama 2 hari ( 10 jp / hari)         : 26-27 Oktober 2017



Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan IN 1
TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU

PERSIAPAN
Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media lainnya.
5 Menit
KEGIATAN PENDAHULUAN
Pengkondisian Peserta
10 Menit

Fasilitator menjelaskan nama, tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran materi pelatihan Teori belajar dan prisip-prinsip pembelajaran


Fasilitator memotivasi peserta, mengajak berdinamika agar saling mengenal, serius, semangat, dan bekerja sama saat proses pembelajaran berlangsung.

KEGIATAN INTI
Diskusi tentang Teori belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran


Penayangan cuplikan video pembelajaran. Curah pendapat pengalaman peserta diklat dalam pembelajaran terkait teori belajar Mengkaji materi teori belajar Diskusi dan presentasi perwakilan kelompok 35 Menit
Tugas LK 1.1 s.d. 1.3
 Kerja kelompok melaksanakan tugas LK 1.1 s.d. 1.3. LK 1 yaitu memahami teori belajar, LK. 2 membuat kegiatan pembelajaran, LK. 3 melakukan analisis kegiatan pembelajaran. Setiap kelompok mengerjakan semua 
Curah pendapat pengalaman peserta diklat dalam pembelajaran terkait prinsip-prinsip pembelajaran Mengkaji materi prinsip-prinsip pembelajaran Diskusi dan presentasi perwakilan kelompok
Mengerjakan soal latihan/evaluasi

35’




30’





3
 

35’



10’



Mereviu materi pelatihan Karakteristik Peserta Didik
15’

Menugaskan LK 2.1 (diskusi prinsip-prinsip pembelajarn dan implikasinya bagi siswa dan bagi guru) dan LK 2.2 (menyusun scenario pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran) untuk dikerjakan pada saat ON


Refleksi dan umpan balik tentang proses pembelajaran.


Fasilitator menutup pembelajaran

JUMLAH ALOKASI WAKTU
135 MENIT






TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU


Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti: Laptop/notebook, White board, Spidol, Active Speaker, danLaser Pointer. atau media pembelajaran lainnya.

4
5’

Pengkondisian Peserta:
 Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta diklat.
 Fasilitator mengupayakan suasana yang kondusif.
 Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran
10’

Topik I
Kegiatan Pembelajaran 1: Operasi Hitung campuran Bilangan Bulat
 Mengkaji inti
 mengerjakan LK secara berkelompok: LK 01, LK 02
Kegiatan Pembelajaran 2: FPB dan KPK
 Mengkaji inti materi
 mengerjakan LK secara berkelompok: LK 04
Kegiatan Pembelajaran 3: Pangkat dan Akar
 Mengkaji inti materi
 mengerjakan LK secara berkelompok: LK 06
Topik II:
Kegiatan Pembelajaran 1: Operasi Hitung Pecahan
 Mengkaji inti materi
 Mengerjakan LK secara berkelompok: LK 08
Kegiatan Pembelajaran 2: Pecahan sebagai Perbandingan
 Mengkaji inti materi
 Mengerjakan LK secara berkelompok: LK 10, LK 11 (no. 1 dan 3)
Topik III
Kegiatan Pembelajaran 1: Menginterpretasikan Data dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang, dan Diagram Lingkaran
 Mengkaji inti materi

90’











90’









5
55’

 Mengerjakan LK secara berkelompok: LK 12 (no. 1, 2, 3)
Kegiatan Pembelajaran 2: Menentukan Rata-rata, Median, atau Modus Suatu Kumpulan Data Menggunakan Statistika Sederhana
 Mengkaji inti materi
 Mengerjakan LK secara berkelompok: LK 15 (No. 1, 2, 5)


Review materi dan penguatan
Refleksi dan umpan balik tentang proses pembelajaran.
Fasilitator menutup pembelajaran
20
Jumlah alokasi waktu
270’

On the Job Learning (On)
Kegiatan on the job learning adalah kegiatan mandiri. Peserta mengerjakan tugas di sekolah/rumah, tanpa didampingi Instruktur. Waktunya adalah 10 hari. Pembagian tugas bisa diatur sebagai berikut:
a. Hari ke 1 – 5
Mengerjakan LK pada Kelompok Kompetensi ke-1 (KK-1) baik pedagogik maupun profesional. Guru bisa meluangkan waktunya setiap hari 2 jam untuk mengerjakan LK On tanpa mengganggu tugas mengajarnya. Guru boleh mengerjakan LK bersama teman sejawat.
b. Hari ke 6 – 10
Mengerjakan LK pada Kelompok Kompetensi ke-2 (KK-2) baik pedagogik maupun profesional. Disarankan juga membuat Power Point untuk mempresentasikan hasil kerjanya pada saat IN-2 nanti.
Kegiatan In 2

6
 



TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU


Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media lainnya.


Pengkondisian Peserta
10’

Fasilitator menjelaskan nama, tujuan, pelaksanaan IN-2 moda Tatap Muka pola 20-20-20, dan menjelaskan mekanisme pelaksanan kegiatan


Presentasi portofolio peserta


Peserta satu-persatu melaknsanakan presentasi yang dipinpin langsung oelh fasilitator, tidak ada proses Tanya jawab pada kegiatan ini
305’

Refleksi penguatan penguasaan materi peserta, Tanya jawab dan pembahasan materi materi sulit bagi peserta
450’

Refleksi dan umpan balik tentang proses pembelajaran.
90’

Fasilitator menutup pembelajaran




Pelaksanaan Tes Akhir

45’
Jumlah alokasi waktu
900 menit





7
 



2. Materi

8
 



C. Hasil Kegiatan
Hasil kegiatan berupa uraian tentang:
1.      Dari 20 peserta diklat ,100 %   peserta dapat menyelesaikan seluruh pembelajaran,
2.       Perolehan nilai rata-rata dari sikap dan ketrampilan baik sekali
3.      .Hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PKB hamper dirasa tidak ada.
Data hasil penilaian sikap dan keterampilan terlampir

D. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan 
Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan ini menggunakan beberapa format Smiley Face ( Umpan Balik ) dari peserta , format nilai Sikap & Keterampilan Peserta selama pelaksanaan Diklat
1. Umpan Balik (smiley face)
Instrumen umpan balik sesi diberikan sebanyak dua kali selama keseluruhan proses pembelajaran.  Pada instrumen tersebut peserta diminta untuk memberikan reaksi terhadap pembelajaran melalui pilihan ekspresi “sangat memuaskan/memuaskan/biasa/kecewa/mengantuk”. Berdasarkan hasil rekapitulasi data umpan balik sesi dari  keseluruhan peserta diperoleh data : 
a. In pertama  hari  ke 1& 2 dari 20 peserta yang merespon, 16 orang memilih ekspresi “sangat memuaskan”,   2 orang memilih ekspresi “memuaskan”,2 orang memilih ekspresi “biasa”,  -  orang memilih ekspresi “kecewa” dan  - orang memilih ekspresi “mengantuk”. 
b.  In kedua hari  ke 1& 2 dari 20 peserta yang merespon,18 orang memilih ekspresi “sangat memuaskan”,   2 orang memilih ekspresi “memuaskan”, - orang memilih ekspresi “biasa”,  -orang memilih ekspresi “kecewa” dan  - orang memilih ekspresi “mengantuk”. 
2. Pengamatan Nilai Sikap & Keterampilan Peserta
 ( datta terlampir )

9
Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran pada In 1 , on dan In  2  reaksi peserta menyatakan sangat memuaskan , karena pembelajarannya menarik dan banyak melibatkan peserta dalam proses pembelajaran  dan para peserta mumpuni dalam sikap keterampilannya mengikuti alur pembelajaran sesuai juknis      

BAB III. SIMPULAN 
Pelaksanaan Diklat PKB Moda Tatap Muka Pola 20-20-20 pada Modul B I baik kompetensi Pedagogik maupun Profesional yang dilaksanakan di PB SDN Pangarangan  3 Kecamatan Kota kabupaten Sumenep berjalan lancar
Semua peserta tidak ada yang absen selama In 1 & 2 dan pada umumnya peserta sangat antusias terhadap pelaksanaan program ini terlihat  pada daftar isian pengamatan nilai sikap dan keterampilannya sangat bagus
Mereka saat branstorming dan presentasi juga semangat sekali menanggapi jawaban – jawaban dari peserta lainnya
Peserta juga tepat waktu terhadap semua tagihan LK yang menjadi tanggungjawabnya
Program ini sangat tepat bagi para guru untuk berkesempatan mengembangkan dirinya karena selain kompetensi pedagogik dan profesional ,kompetensi sosial dan kepribadianpun juga dapat dikembangkan seperti saat para guru berdiskusi kerja kelompon bahkan saat On The Job Learning pun semangat kerja sama bisa diacungi jempol.









10
 


LAMPIRAN   
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2017

PENILAIAN SIKAP PESERTA

Nama Kegiatan           :
Kelas/Jenjang                          :
Mapel/Paket Keahlian            :
Tempat                        :
Tanggal                       :

No
Nama Peserta
Instansi
Nilai Tiap Aspek
Kerjasama
Disiplin
Tanggung jawab
Keaktifan









































































































11










































Keterangan:
No.
Nilai
Predikat
Keterangan
Penatar 1,
Penatar 2,
1.
> 90 – 100
Amat Baik
Lulus
2.
> 80 – 90
Baik
Lulus
3.
> 70 – 80
Cukup
Tidak Lulus
4.
> 60 - 70
Sedang
Tidak Lulus
5.
< 60
Kurang
Tidak Lulus
................................
............................
NIP -
NIP -

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2017

PENILAIAN KETERAMPILAN PESERTA

Nama Kegiatan           :
Kelas/Jenjang                          :
Mapel/Paket Keahlian            :
Tempat                        :
Tanggal                       :

No.
Nama Peserta
Asal Lembaga
Nilai / Materi

12
Rata-rata
LK 1
LK 2
LK 3
LK 4
LK 5
LK 6
LK 7
LK 8
LK 9
LK 10
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













11













12













13













14













15













16













17













18













19













20













21













22













23













24













25













26













27













28













29













30













13
 
31













32













33













34













35













36













37













38













39













40













Keterangan: Nilai skala 100, menggunakan rubrik yang disediakan dalam Buku Pegangan Penyegaran Narasumber/Pengampu

Keterangan:
No.
Nilai
Predikat
Keterangan
Penatar 1,
Penatar 2,
1.
> 90 – 100
Amat Baik
Lulus
2.
> 80 – 90
Baik
Lulus
3.
> 70 – 80
Cukup
Tidak Lulus
4.
> 60 - 70
Sedang
Tidak Lulus
5.
< 60
Kurang
Tidak Lulus
................................
...............................
NIP -
NIP -


14
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOLEKSI AKSI NYATA PADA PMM & TRIK LOLOS VALIDASI

 ANDA CEPAT LULUS TOPIK DI PMM DAN SEGERA DAPAT SERTIFIKAT ? Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah salah satu Platform Teknologi yang merup...