PEDOMAN PEMILIHAN KEPALA SEKOLAH
BERPRESTASI TAHUN 2020
DIREKTORAT PEMBINAAN TENAGA KEPENDIDIKAN
DIREKTORAT
JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
2020
A. Persyaratan Peserta
Persyaratan peserta pemilihan kepala sekolah
berprestasi tingkat kabupaten adalah sebagai berikut:
1. kualifikasi akademik minimal Sarjana (S1) atau
Diploma IV (D-IV);
2. memiliki sertifikat pendidik;
3. menjabat sebagai kepala sekolah aktif
pada satuan pendidikan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan masa
kerja
minimal 2 tahun berturut-turut (dapat
lebih dari
satu sekolah);
4. belum pernah menjadi pemenang I, II, atau III pada pemilihan kepala sekolah berprestasi di tingkat nasional;
5. memiliki hasil penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil sekurang-kurangnya berkategori
baik dalam 2 tahun terakhir;
6. tidak sedang menjalani hukuman dan
pelanggaran berat
disiplin kepegawaian;
7. sehat jasmani dan rohani;
8. tidak terlibat penyalahgunaan narkoba atau zat adiktif lainnya yang dinyatakan dengan surat
keterangan dari
rumah sakit pemerintah
atau BNN;
B.
Aspek
dan Bentuk Penilaian
Aspek penilaian kepala sekolah berprestasi dilakukan dengan menggunakan kisi-kisi sebagai tertera pada Tabel 1.
Tabel
1. Aspek
dan Bentuk Penilaian
Kepala
Sekolah Berprestasi Tahun 2020
Aspek
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Keterangan
|
Kompetensi
Kepala
Sekolah Kompetens
i sosial
|
1.1.
Tes
|
Tes pemilihan kepala
sekolah berprestasi untuk SD, SMP
berbasis komputer untuk seleksi tingkat nasional.
a.
Penilaian berbasis komputer dilakukan ketika
registrasi
online.
b.
Peserta menjawab
pertanyaan
pada saat registrasi
online melalui laman:
|
1.2.
Jurnal
penilaian
diri
|
Jurnal penilaian diri untuk menilai keterampilan.
|
|
1.3.
Table topic
|
Table topic dengan cara memberikan satu topik
permasalahan
atau pertanyaan yang
diundi dan peserta harus menjawab/menjelaskannya secara
lisan di depan forum sesuai dengan jenjangnya
secara spontan
|
|
Prestasi dan
Etos Kerja
(Kinerja) Kepala
Sekolah
|
2.1 Portofolio
Karya Prestatif
|
1)
Penilaian terhadap prestasi - prestasi pada kepemimpinan
di satuan
pendidikan
2) Prestasi kepala
sekolah di bidang akademik dan
non akademik
3)
Kelengkapan program sekolah (dilihat dari daftar
dokumen
yang harus diserahkan ke panitia tingkat nasional).
4)
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
(PKKS) dua tahun
terakhir
5) Penilaian
kinerja kepala sekolah mengacu pada pemenuhan Beban Kerja Kepala Sekolah.
|
2.2 Karya Best
Practice
|
1)
Karya tulis Best Practice yang
merefleksikan etos
kerja
selama dua
tahun terakhir
2) Petunjuk penulisan best practices dapat dilihat pada lampiran
2.
3)
Petunjuk pembuatan banner dapat diihat pada lampiran 2
|
|
2.3 Presentasi dan
Wawancara
|
1) Presentasi dengan memaparkan hasil karya best practice
di
depan para
penilai
2)
Wawancara dilakukan
untuk mengkonfirmasi dan mengklarifikasi portofolio
|
|
2.4
Video success
story
|
Video berisi:
1)
Profil kepala sekolah
2) Aktivitas program unggulan
sekolah
3)
Aktivitas kepala sekolah
|
Aspek
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Keterangan
|
|
|
4)
Prestasi kepala sekolah
yang pernah diraih
dalam kurun
waktu 2 tahun terakhir
5) Testimoni tentang kepala sekolah
dari pengawas, guru dan
siswa.
|
Tes Lisan
|
Table Topic
|
Peserta diberi satu topik permasalahan atau
pertanyaan yang
diundi dan harus
dijelaskan
secara lisan
di
depan forum
secara spontan.
Dinilai pada Pemilihan
kepala sekolah berprestasi tingkat
nasional.
|
C.
Jadwal Pelaksanaan
(1)Penerimaan
dokumen / portofolio tingkat kabupaten/kota
tanggal 16 s.d.
17
Maret
2020
(2)Penilaian dokumen/portofolio tanggal
23 s.d. 24 Maret 2020
(3)Test tulis dan wawancara tanggal 30,
31 Maret dan 1 April 2020
REKAP PORTOFOLIO KEPALA
SEKOLAH
I. DATA
PERORANGAN
Pas Photo Terakhir Berwarna Ukuran (4x6) cm
1. Nama Lengkap (dengan gelar)
|
|
||
2. NIP (jika memiliki)
|
|
||
3. NUPTK
|
|
||
4. Jabatan
|
|
||
5. Pangkat dan Golongan
|
|
||
6. Tempat
dan Tanggal Lahir
|
|
||
7. Jenis Kelamin
|
: Laki-laki
/ perempuan *
|
||
8. Agama
|
|
||
9. Nama
Sekolah
|
|
||
10. Alamat
Sekolah
|
|
||
|
a. Jalan
|
|
|
b. Kelurahan/Desa
|
|
||
c. Kecamatan
|
|
||
d. Kabupaten
|
|
||
e. Provinsi
|
|
||
11.
Alamat Rumah
|
|
||
12. Telpon
/Email
|
a. HP
|
|
|
|
b. e-mail
|
|
|
13. Jumlah Siswa
|
|
||
14. Jumlah Rombel
|
|
||
15. Jumlah Guru
|
|
||
*) Coret yang tidak perlu
II. RIWAYAT PENDIDIKAN
Tingkat
Pendidikan
|
Jurusan/Program Studi
|
Akreditasi
|
Tahun
|
Perguruan Tinggi
|
S1 / D4
|
|
|
|
|
S2
|
|
|
|
|
S3
|
|
|
|
|
III. PRESTASI/KINERJA
A. Narasumber/fasilitator/pemakalah pada
kegiatan
pelatihan/simposium/seminar/workshop/
lokakarya
No.
|
Nama Kegiatan
|
Peran (narasumber/ pemakalah/pembaha
s)
|
Tahun
|
(Internasional/Nasional/
Provinsi/Kab/Kota)
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
B. Penghargaan dan
tanda jasa yang diperoleh
No.
|
Jenis
Prestasi
|
Peringkat
|
Tahun
|
Penyelenggara
|
(Internasional/Nasional/
Provinsi/Kab/Kota)
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
C. Penghargaan Prestasi sekolah yang dipimpin
No.
|
Nama
Kegiatan
|
Tahun
|
Tempat
|
Tingkat
(Internasional/nasional/
Provinsi/kab/kota)
|
Prestasi
yang diraih
|
Bukti
fisik
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
D. Karya tulis/inovasi
No.
|
Judul Penelitian
|
Tahun
|
Peran Penulis
(Ketua /Anggota/Mandiri)
|
Pemberi
Dana
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
E. Kerjasama Sekolah
dengan
instansi lain
No.
|
Nama Program
Kerjasama
|
Instansi
Mitra
|
Tahun
|
Lama Kerjasama
|
Bukti Fisik
(MoU)
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
IV. ORGANISASI PROFESI
No.
|
Nama Organisasi
|
Peran Dalam Organisasi
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
...
|
|
|
V.
TUGAS
FUNGSI
KEPALA SEKOLAH
No
|
Nama Kegiatan
|
Tahun
Pelaksanaan
|
1.
|
Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) tahun
2020
|
|
2.
|
Laporan Pelaksanaan
Manajerial Sekolah (berdasarkan
RKAS)
|
|
3.
|
Laporan pelaksanaan supervisi pembelajaran
1 (satu) tahun terakhir
|
|
4.
|
Laporan Penilaian
Kinerja Guru yang dilakukan oleh Kepala
Sekolah 1 (satu) tahun terakhir.
|
|
5.
|
Profil Mutu Sekolah
|
|
VI. DAFTAR RESPONDEN KUISIONER (1 Kepala Dinas/Pengawas, 3 Guru dan 3 Komite
Sekolah)
1. Kepala Dinas /Pengawas
No
|
Nama
|
Nama Sekolah
|
Nomor HP
|
e-mail
|
1
|
|
|
|
|
2. Guru
No
|
Nama
|
Nama Sekolah
|
Nomor HP
|
e-mail
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
3. Komite Sekolah
No
|
Nama
|
Nama Sekolah
|
Nomor HP
|
e-mail
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Saya menyatakan bahwa ringkasan portofolio tersebut benar disertai dengan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.
………………., …………..
2020
Peserta,
(…………………………………)
PEDOMAN PEMBUATAN BEST
PRACTICES
BAGI KEPALA
SEKOLAH
BERPRESTASI TAHUN
2020
A. Pengertian
Best practices kepala sekolah berprestasi
adalah tulisan yang
berisi praktik pengalaman terbaik yang
dilakukan kepala sekolah dalam bidang supervisi, manajerial, maupun
pengembangan
kewirausahaan pada sekolah yang dipimpin
minimal 2 (dua)
tahun terakhir.
B. Sistematika
Naskah karya
Best
Practices menggunakan
sistematika sebagai
berikut.
1. Bagian
Awal
Bagian ini terdiri atas halaman
judul (cover), halaman
pernyataan keaslian naskah
yang ditandatangani, halaman lembar persetujuan dari atasan langsung dan atau
pejabat terkait, abstrak atau ringkasan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel,
daftar gambar,
dan daftar lampiran.
2. Bagian
Isi
Bagian ini terdiri atas:
a. Bab Pendahuluan, berisi latar belakang, masalah, tujuan, dan manfaat best
practices yang dilaksanakan.
b. Bab Kajian Pustaka,
berisi teori, kebijakan, pedoman
dan/atau praktik yang
dijadikan
rujukan dalam menyelesaikan
masalah.
c. Bab Metode, berisi tentang prosedur dan perangkat atau instrumen, dan cara pemecahan masalah.
d. Bab Hasil dan Pembahasan, berisi
penyajian
dan analisis data
yang mencakup keadaan awal,
proses, dan hasil akhir yang diperoleh
dari hasil
pelaksanaan serta
dampaknya bagi komunitas sekolah.
e. Bab Simpulan dan
Rekomendasi
3. Bagian
Penutup
Berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran.
C. Teknik Penulisan Naskah Best
Practices
Penulisan naskah karya best practices harus menggunakan kaidah penulisan sebagai berikut:
1. Sampul depan yang
digunakan pada naskah best practices sebagaimana dijelaskan
pada Lampiran 2.
2. Di bagian kanan
atas sampul
depan
naskah untuk masing-masing kategori
lomba/pemilihan diberi kode:
a. PKSBP-SD untuk kepala SD
b. PKSBP -SMP untuk kepala SMP
3. Jumlah halaman naskah
antara 15-20
halaman
tidak
termasuk lampiran.
4. Naskah diketik
dengan spasi 1,5; huruf Times New Roman; ukuran huruf 12; batas tepi/margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, dan bawah
3 cm. Khusus untuk ukuran huruf tabel
dan gambar disesuaikan
dengan kebutuhan.
D. Ketentuan pembuatan poster/banner best
practices
1. Format poster/banner:
a. Jenis harus X_Banner;
b. Desain standing banner dengan ukuran 60 cm x 160
cm;
c. Ukuran file tidak
melebihi 500 KB;
d. Format file poster/banner harus
jpg dengan
resolusi minimal 300 dpi (contoh nama file: banner_nama KS.jpg).
2. Konten
poster/banner:
a. Tema poster/banner
menyesuaikan dengan
karya best
practices;
b. Kerangka isi poster/banner meliputi latar belakang,
tujuan, implementasi, dan
hasil;
c. Tampilan poster/banner dapat berisikan
teks, gambar, foto, grafik, bagan,
atau tabel yang berkaitan dengan best practices;
d. Isi poster/banner yang disajikan
mudah dipahami oleh orang yang mengamati;
e.
Pemilihan
warna disesuaikan dengan kebutuhan;
dan
f. Pemilihan lay
out disesuaikan dengan
kebutuhan.
KODE
PKSBP - …………(Jenjang)
JUDUL
Tuliskan Judul dengan
huruf Times New Roman
(font 16, semua dalam huruf kapital)
KEGIATAN PEMILIHAN KEPALA
SEKOLAH
BERPRESTASI TAHUN 2019
Oleh
(Tuliskan Nama Lengkap, NIP/NUPTK)
(Nama
Dinas Kabupaten/Kota, dan Provinsi)
TAHUN 2020
KETENTUAN PEMBUATAN VIDEO SUCCESS STORY
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
TAHUN 2020
1. Format video :
a.
pembuatan video dapat menggunakan
kamera smartphone /kamera digital
b. ukuran
file video yang dibuat tidak
melebihi 6 mb.
c. durasi
video
maksimal 3(tiga)
menit.
d. format
file video harus mp4 (contoh nama file: videoprofil_nama ks.mp4)
diunggah
melalui youtube.com dan mengirimkan alamat
tautannya ke
2. Konten
video:
a. Profil kepala sekolah
b.
Aktivitas program unggulan sekolah
c.
Aktivitas kepala
sekolah
d.
Prestasi kepala sekolah yang pernah
diraih
dalam kurun waktu 2 tahun terakhir e. Testimoni tentang kepala sekolah dari
pengawas, guru dan
siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar