TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DISUSUN OLEH :
NGUMPRIYATUN,M.Pd
KEPALA SDN KETAWANG
KARAY I
UPT PENDIDIKAN
KECAMATAN GANDING
KABUPATEN SUMENEP
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur dipersembahkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa , atas rahmat
dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Supervisi
Tahun 2017/2018 pada SD Negeri Ketawang Karay I
Program Supervisi Tahun 2017/2018 pada SD Negeri Ketawang
Karay I ini disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi
implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan dilaksanakan seorang
Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pogram Supervisi tahun 2017/2018 ini
meliputi Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademis. Supervisi Akademis
dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru
dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan Supervisi Manajerial dilakukan
untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan administrasi sekolah.
Harapan kami semoga Program Supervisi
Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat terlaksana dengan efektif dan bermanfaat
bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan setiap unit
kegiatan dan administrasi sekolah.
Terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu penyusunan Program Supervisi Tahun 2017/2018 ini terutama
Pengawas Pembina yang memberi masukan bagi terwujudnya Program Supervisi ini.
Ganding,
17 Juli 2017
Mengetahui :
Pengawas
Pembina Kepala SDN
Ketawang Karay I
Drs.Abd Riyas,M.Pd Ngumpriyatun,M.Pd
NIP.19680106
200009 1001 NIP.19700913 199304 2001
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ......................................................................................
KATA
PENGANTAR ......................................................................................
DAFTAR
ISI ......................................................................................
BAB 1. PENDAHULUAN ......................................................................................
a.
Latar
Belakang ......................................................................................
b.
Landasan Hukum ......................................................................................
c.
Tujuan ......................................................................................
d.
Ruang Lingkup ......................................................................................
BAB 2. ANALISIS HASIL SUPERVISI
TAHUN 2016/2017 ................................
a.
Analisis Hasil Supervisi Akademis Tahun 2016/2017 .....................
BAB 3. RENCANA PELAKSANAAN
SUPERVISI TAHUN 2017/2018 ..........
a.
Rencana Supervisi Akademis Tahun 2017/2018 ................................
b.
Rencana Supervisi Internal Manajerial Tahun 2017/2018 .....................
c.
Jadwal Kegiatan Supervisi Akademis Tahun 2017/2018 .....................
d.
Jadwal Kegiatan Supervisi Internal Manajerial Tahun 2017/2018 ..........
BAB 4.
PENUTUP ......................................................................................
LAMPIRAN
Instrumen
Supervisi
BAB
1
P E N D A H U L U A N
a.
Latar Belakang.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah
harus menguasai Standar Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas :
kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi
kewirausahaan dan kompetensi sosial.
Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah supervisi akademis
dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervisi
akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi
akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang
tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka
peningkatan profesionalismenya.
Mencermati hasil analisis Program Supervisi Tahun 2016/2017 pada SD Negeri Ketawang Karay I secara umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi
peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme guru,
seperti : pengembangan indikator dan materi pembelajaran, penggunaan
metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya penguasaan guru dalam
model-model pembelajaran aktif , dan sebagainya.
Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah sebagai
Supevisor/Penyelia maka perlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh
dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa
tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi
perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di SD Negeri Ketawang Karay I
b.
Landasan Hukum.
1.
Undang Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.
Undang Undang
Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
3.
Peraturan
Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4.
Permendiknas RI
Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Kepala
Sekolah / Madrasah
5.
Permendiknas RI
Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
6.
Permendiknas RI
Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
c.
Tujuan.
Penyusunan Program
Supervisi Tahun 2017/2018 pada SD Negeri SDN Ketawang Karay I
ini bertujuan sebagai berikut :
1.
Acuan bagi
pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan SD Negeri Ketawang Karay I
2.
Meningkatkan
profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai
pendidik
3.
Meningkatkan
kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada
peningkatan kualitas tamatan.
4.
Selain supervisi
akademis , program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervisi manajerial
pada setiap unit kegiatan di lingkungan SD Negeri Ketawang Karay I
yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas
pengelolaan unit kegiatan dan administrasi sekolah
d.
Ruang Lingkup.
Adapun ruang lingkup Program
Supervisi Tahun 2017/2018 pada SD Negeri . Ketawang Karay I
adalah :
1.
Supervisi Akademis
:
· Pengembangan
Silabus/Perumusan Indikator
· Pengembangan
RPP/Materi Pembelajaran
· Peningkatan
Penguasaan Metode Pembelajaran
· Peningkatan
Penguasaan Model Model Pembelajaran
· Peningkatan
Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
· Pelaksanaan
Pembelajaran
· BK/Pengembangan
Diri
2.
Supervisi Internal
Manajerial :
· Administrasi
Tata Usaha
· Kurikulum
· Kesiswaan/Ekstra
Kurikuler
· Sarana/Prasarana
· Humas/Hubungan
Industri
· Perpustakaan
· Koperasi
Sekolah/Koperasi Siswa
· Lingkungan/Budaya
Sekolah
BAB
2
ANALISA
HASIL SUPERVISI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
A.
ANALISA HASIL
SUPERVISI AKADEMIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Adapun hasil analisis pelaksanaan
program supervisi akademis tahun pelajaran tahun 2016/2017
sebagai berikut :
No.
|
Aspek Supervisi
|
Ketuntasan
|
1
|
Pemetaan KD
|
Belum Tuntas (50%)
|
2
|
Pengembangan Indikator
|
Belum Tuntas (85%)
|
3
|
Pengembangan Silabus
|
Tuntas (75%)
|
4
|
Penyusunan RPP
|
Tuntas (75%)
|
5
|
Penyusunan Dokumen KKM
|
Tuntas (25%)
|
6
|
Penggunaan Media Pembelajaran
|
Belum Tuntas (65%)
|
7
|
Metode Pembelajaran
|
Belum Tuntas (75%)
|
8
|
Penggunaan Sumber Belajar
|
Belum Tuntas (85%)
|
9
|
Penggunaan Media Pembelajaran
|
Belum Tuntas (65%)
|
10
|
Penggunaan dan Teknik Penilaian
|
Belum Tuntas (80%)
|
11
|
Analisis Hasil Belajar
|
Belum Tuntas (65%)
|
12
|
Pemanfaatan TIK
|
Belum Tuntas (65%)
|
13
|
Analisis Ketuntasan Belajar
|
Belum Tuntas (50%)
|
Hasil ketuntasan
target yang diharapkan pada program supervisi tahun 2016/2017 menunjukkan bahwa
perlu dilakukan upaya untuk mencapai peningkatan pada aspek supervisi sebagai
berikut :
· Analisa
konteks sebagai dasar pengembangan KTSP yang berorientasi kepada kesesuaian
kurikulum dengan potensi peserta didik, karakteristik sekolah dan kondisi
lingkungan
· Pemetaan
Kompetensi Dasar
:
Perlu dilanjutkan pemetaan
standar isi pada setiap KI-KD setiap mata pelajaran untuk menghasilkan silabus
yang sesuai dengan karakter sekolah dan potensi daeran
· Perumusan
indikator pada KI-KD menunjukkan bahwa sebahagian besar sudah sesuai
untuk memenuhi tuntutan pencapaian kompetensi namun sebahagian kecil masih
perlu diperbaiki melalui kegiatan reviu di bawah koordinasi Tim Pengembang
Kurikulum Sekolah
· Penggunaan
media pembelajaran perlu diperluas dengan media yang lebih akurat dan didukung
oleh teknologi informasi dengan memanfaatkan : komputer dan internet
· Penggunaan
Metode Pembelajaran masih perlu menjadi bagian yang perlu perbaikan dengan
menerapkan metode pembelajaran aktif yang mendorong peserta didik untuk menjadi
pembelajar
· Penggunaan
sumber belajar masih berorientasi pada buku paket dan modul diharapkan pada
tahun berikutnya lebih diperkaya dengan pemanfaatan sumber belajar melalui
internet, jurnal ilmiah dan media lainnya seperti buletin, koran, majalah dsb.
· Sebahagian
penggunaan teknik dan alat penilaian masih perlu disempurnakan terutama dalam
pemilihan yang sesuai antara teknik dan alat penilaian dengan tuntutan KD
· Analisa
Hasil Belajar masih perlu peningkatan untuk dilakukan oleh seluruh guru dan
seluruh mata pelajaran untuk mengetahui tingkat daya serap dan umpan balik bagi
perbaikan pembelajaran tahun berikutnya
· Perlu
peningkatan penguasaan teknologi informatika bagi guru untuk mampu menggunakan
TIK dalam kegiatan pembelajaran
· Perlu
peningkatan pelaksanaan analisis ketuntasan sebagai pertimbangan bagi
peningkatan KKM tahun berikutnya dan sebagai bahan perbaikan
pembelajaran
a.
Analisis Hasil
Supervisi Internal Manajerial tahun 2016/2017
Hasil supervisi
internal manajerial terutama berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas staf
manajerial perlu peningkatan pada :
·
Kinerja Tim
Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
·
Perlunya dibentuk
Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri Ketawang Karay I yang
solid
·
Peningkatan
pengelolaan sarana dan prasarana
·
Peningkatan
pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
·
Peningkatan sistem
informasi manajemen
·
Peningkatan
Kemitraan dan kerjasama dengan stake holder/DU-DI
·
Peningkatan
Manajemen Pengelolaan Bengkel dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam
rangka meningkatkan kompetensi siswa
·
Peningkatan
kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan
kualitas kegiatan ekstra kurikuler
BAB
III
RENCANA
PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2017/2018
a.
Rencana Pelaksanaan
Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2017/2018
Pelaksanaan
Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2017/2018 yang disusun berdasarkan hasil
evaluasi dan analisis pelaksanaan supervisi akademis tahun sebelumnya
diharapkan akan memberikan dampak berupa perbaikan sekaligus peningkatan mutu
proses dan output proses pembelajaran langsung yang dilaksanakan guru-guru mata
pelajaran di kelas yang diindikasikan dengan adanya perbaikan pada :
1.
Peningkatan
pemahaman guru terhadap Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dengan titik berat
pada :
· Review
KTSP berupa telaah terhadap pengembangan silabus yang sesuai dengan kebutuhan
pada setiap mata pelajaran
· Perumusan
Kompetensi Dasar dan Indikator
· Penyusunan
RPP
2.
Penggunaan Metode –
Metode dan Model-Model Pembelajaran yang lebih variatif dan meningkatkan
antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran
3.
Penggunaan
instrumen penilaian yang sesuai dengan tuntutan kompetensi
4.
Pelaksanaan proses
pembelajaran yang efektif dan efisien dengan mengacu kepada tuntutan penguasaan
kompetensi
Agar pelaksanaan
Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2017/2018 ini berlansung efektif dan dapat
memvisitasi seluruh guru mata pelajaran maka petugas supervisi terdiri atas :
Kepala Sekolah, Pengawas Pembina, Wakil Kepala Sekolah dan Guru-Guru Senior
yang kompeten dan dianggap layak dan mampu melaksanakan Supervisi .
b.
Jadwal Pelaksanaan
Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jadwal
Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2017/2018 disusun dengan
mempertimbangkan hari efektif belajar dan disusun atas Jadwal Pelaksanaan
Supervisi Akademis Semester Ganjil dan Jadwal Supervisi Akademis Semester
Genap. Jadwal selengkapnya terlampir :
c.
Rencana Supervisi
Manajerial Internal
Pelaksanaan
Supervisi Internal dalam bidang manajerial sekolah dilakukan pada setiap unit
kegiatan yang ada dalam jajaran manajerial SD Negeri ..............
Pelaksanaannya dilakukan bersama oleh Kepala Sekolah bersama dengan Pengawas
Pembina pada setiap unit dengan target utama adalah pembenahan pada :
·
Kinerja Tim
Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
·
Perlunya dibentuk
Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri ............. yang solid
·
Peningkatan
pengelolaan sarana dan prasarana
·
Peningkatan
pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
·
Peningkatan sistem
informasi manajemen
·
Peningkatan
Kemitraan dan kerjasama dengan stake holder/DU-DI
·
Peningkatan
Manajemen Pengelolaan Bengkel dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam
rangka meningkatkan kompetensi siswa
·
Peningkatan
kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan
kualitas kegiatan ekstra kurikuler
d.
Jadwal Pelaksanaan
Supervisi Internal Manajerial
Jadwal pelaksanaan
supervisi internal manajerial akan disusun bersama dengan pengawas pembina SD
Negeri Ketawang Karay I. disesuaikan dengan program
pembinaan manajerial dari Pengawas pembina
BAB
IV
P
E N U T U P
Demikianlah
program supervisi SD Negeri. Ketawang Karay I
ini disusun dengan harapan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan
sekolah dan kualitas pembelajaran pada setiap program keahlian di SD Negeri. Ketawang Karay I
Pada akhir tahun pelajaran akan dilakukan evaluasi dan dirumuskan tindak lanjut
nya sebagai dasar penyusunan program supervisi SD Negeri Ketawang Karay I tahun
pelajaran 2017/2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar