Halaman

Minggu, 12 November 2017

PROGRAM SUPERVISI SDN KETAWANG KARAY I 2017


PROGRAM SUPERVISI
TAHUN PELAJARAN 2017/2018









DISUSUN OLEH :
NGUMPRIYATUN,M.Pd
KEPALA SDN KETAWANG KARAY I












UPT PENDIDIKAN KECAMATAN GANDING
KABUPATEN SUMENEP
2017



































KATA PENGANTAR

Puji dan syukur  dipersembahkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa , atas rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Supervisi Tahun 2017/2018 pada SD Negeri Ketawang Karay I

Program Supervisi Tahun 2017/2018 pada SD Negeri Ketawang Karay I  ini disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pogram Supervisi tahun 2017/2018 ini meliputi Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademis. Supervisi Akademis dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan administrasi sekolah.

Harapan kami semoga Program Supervisi Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat terlaksana dengan efektif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan setiap unit kegiatan  dan administrasi sekolah.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan Program Supervisi Tahun 2017/2018 ini terutama Pengawas Pembina yang memberi masukan bagi terwujudnya Program Supervisi ini.

                                                                                    Ganding, 17 Juli 2017
Mengetahui :
Pengawas Pembina                                                  Kepala SDN Ketawang Karay I


Drs.Abd Riyas,M.Pd                                                   Ngumpriyatun,M.Pd          
NIP.19680106 200009 1001                                       NIP.19700913 199304 2001




DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL                 ......................................................................................

KATA PENGANTAR  ......................................................................................

DAFTAR ISI                            ......................................................................................

BAB 1. PENDAHULUAN       ......................................................................................
            a. Latar Belakang        ......................................................................................
            b. Landasan Hukum   ......................................................................................
            c. Tujuan                     ......................................................................................
            d. Ruang Lingkup        ......................................................................................

BAB 2. ANALISIS HASIL SUPERVISI TAHUN 2016/2017  ................................
            a. Analisis Hasil Supervisi Akademis Tahun 2016/2017        .....................


BAB 3. RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2017/2018        ..........
            a. Rencana Supervisi Akademis Tahun 2017/2018   ................................
            b. Rencana Supervisi Internal Manajerial Tahun 2017/2018 .....................
            c. Jadwal Kegiatan Supervisi Akademis Tahun 2017/2018   .....................
            d. Jadwal Kegiatan Supervisi Internal Manajerial Tahun 2017/2018 ..........

BAB 4. PENUTUP                  ......................................................................................

LAMPIRAN
            Instrumen Supervisi



































BAB 1
P E N D A H U L U A N

a.                   Latar Belakang.

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial.

Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah supervisi akademis dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalismenya.

Mencermati hasil analisis Program Supervisi Tahun 2016/2017 pada SD Negeri Ketawang Karay I secara umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti :  pengembangan indikator dan materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif , dan sebagainya.

Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah sebagai Supevisor/Penyelia maka perlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di SD Negeri Ketawang Karay I



b.                  Landasan Hukum.

1.                  Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.                  Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
3.                  Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4.                  Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi  Kepala Sekolah / Madrasah
5.                  Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
6.                  Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan



c.                   Tujuan.

Penyusunan Program Supervisi Tahun 2017/2018 pada SD Negeri SDN Ketawang Karay I ini bertujuan sebagai berikut :

1.                  Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan SD Negeri Ketawang Karay I
2.                  Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik
3.                  Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas tamatan.
4.                  Selain supervisi akademis , program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervisi manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan SD Negeri Ketawang Karay I yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan unit kegiatan dan administrasi sekolah



d.                  Ruang Lingkup.

Adapun ruang lingkup Program Supervisi Tahun 2017/2018 pada SD Negeri . Ketawang Karay I adalah :

1.                  Supervisi Akademis :
·         Pengembangan Silabus/Perumusan Indikator
·         Pengembangan RPP/Materi Pembelajaran
·         Peningkatan Penguasaan Metode Pembelajaran
·         Peningkatan Penguasaan Model Model Pembelajaran
·         Peningkatan Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
·         Pelaksanaan Pembelajaran
·         BK/Pengembangan Diri
2.                  Supervisi Internal Manajerial :
·         Administrasi Tata Usaha
·         Kurikulum
·         Kesiswaan/Ekstra Kurikuler
·         Sarana/Prasarana
·         Humas/Hubungan Industri
·         Perpustakaan
·         Koperasi Sekolah/Koperasi Siswa
·         Lingkungan/Budaya Sekolah





BAB 2
ANALISA HASIL SUPERVISI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

A.                 ANALISA HASIL SUPERVISI AKADEMIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Adapun hasil analisis pelaksanaan program supervisi akademis tahun pelajaran tahun 2016/2017 sebagai berikut :

           
No.
Aspek Supervisi
Ketuntasan
1
Pemetaan KD
Belum Tuntas (50%)
2
Pengembangan Indikator
Belum Tuntas (85%)
3
Pengembangan Silabus
Tuntas (75%)
4
Penyusunan RPP
Tuntas (75%)
5
Penyusunan Dokumen KKM
Tuntas (25%)
6
Penggunaan Media Pembelajaran
Belum Tuntas (65%)
7
Metode Pembelajaran
Belum Tuntas (75%)
8
Penggunaan Sumber Belajar
Belum Tuntas (85%)
9
Penggunaan Media Pembelajaran
Belum Tuntas (65%)
10
Penggunaan dan Teknik Penilaian
Belum Tuntas (80%)
11
Analisis Hasil Belajar
Belum Tuntas (65%)
12
Pemanfaatan TIK
Belum Tuntas (65%)
13
Analisis Ketuntasan Belajar
Belum Tuntas (50%)


Hasil ketuntasan target yang diharapkan pada program supervisi tahun 2016/2017 menunjukkan bahwa perlu dilakukan upaya untuk mencapai peningkatan pada aspek supervisi sebagai berikut :
·         Analisa konteks sebagai dasar pengembangan KTSP yang berorientasi kepada kesesuaian kurikulum dengan potensi peserta didik, karakteristik sekolah dan kondisi lingkungan
·         Pemetaan Kompetensi Dasar :
Perlu dilanjutkan pemetaan standar isi pada setiap KI-KD setiap mata pelajaran untuk menghasilkan silabus yang sesuai dengan karakter sekolah dan potensi daeran
·         Perumusan indikator pada KI-KD menunjukkan bahwa sebahagian besar sudah sesuai untuk memenuhi tuntutan pencapaian kompetensi namun sebahagian kecil masih perlu diperbaiki melalui kegiatan reviu di bawah koordinasi Tim Pengembang Kurikulum Sekolah
·         Penggunaan media pembelajaran perlu diperluas dengan media yang lebih akurat dan didukung oleh teknologi informasi dengan memanfaatkan : komputer dan internet
·         Penggunaan Metode Pembelajaran masih perlu menjadi bagian yang perlu perbaikan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif yang mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar
·         Penggunaan sumber belajar masih berorientasi pada buku paket dan modul diharapkan pada tahun berikutnya lebih diperkaya dengan pemanfaatan sumber belajar melalui internet, jurnal ilmiah dan media lainnya seperti buletin, koran, majalah dsb.
·         Sebahagian penggunaan teknik dan alat penilaian masih perlu disempurnakan terutama dalam pemilihan yang sesuai antara teknik dan alat penilaian dengan tuntutan KD
·         Analisa Hasil Belajar masih perlu peningkatan untuk dilakukan oleh seluruh guru dan seluruh mata pelajaran untuk mengetahui tingkat daya serap dan umpan balik bagi perbaikan pembelajaran tahun berikutnya
·         Perlu peningkatan penguasaan teknologi informatika bagi guru untuk mampu menggunakan TIK dalam kegiatan pembelajaran
·         Perlu peningkatan pelaksanaan analisis ketuntasan sebagai pertimbangan bagi peningkatan KKM tahun berikutnya dan  sebagai bahan perbaikan pembelajaran


a.                   Analisis Hasil Supervisi Internal Manajerial tahun 2016/2017
Hasil supervisi internal manajerial terutama berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas staf manajerial perlu peningkatan pada :
·                     Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
·                     Perlunya dibentuk Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri Ketawang Karay I yang solid
·                     Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana
·                     Peningkatan pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
·                     Peningkatan sistem informasi manajemen
·                     Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan stake holder/DU-DI
·                     Peningkatan Manajemen Pengelolaan Bengkel dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa
·                     Peningkatan kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler









BAB III
RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2017/2018


a.                   Rencana Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2017/2018

Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2017/2018 yang disusun berdasarkan hasil evaluasi dan analisis pelaksanaan supervisi akademis tahun sebelumnya diharapkan akan memberikan dampak berupa perbaikan sekaligus peningkatan mutu proses dan output proses pembelajaran langsung yang dilaksanakan guru-guru mata pelajaran di kelas yang diindikasikan dengan adanya perbaikan pada :
1.                  Peningkatan pemahaman guru terhadap Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dengan titik berat pada :
·         Review KTSP berupa telaah terhadap pengembangan silabus yang sesuai dengan kebutuhan pada setiap mata pelajaran
·         Perumusan Kompetensi Dasar dan Indikator
·         Penyusunan RPP
2.                  Penggunaan Metode – Metode dan Model-Model  Pembelajaran yang lebih variatif dan meningkatkan antusiasme peserta didik dalam proses pembelajaran
3.                  Penggunaan instrumen penilaian yang sesuai dengan tuntutan kompetensi
4.                  Pelaksanaan proses pembelajaran yang efektif dan efisien dengan mengacu kepada tuntutan penguasaan kompetensi

Agar pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2017/2018 ini berlansung efektif dan dapat memvisitasi seluruh guru mata pelajaran maka petugas supervisi terdiri atas : Kepala Sekolah, Pengawas Pembina, Wakil Kepala Sekolah dan Guru-Guru Senior yang kompeten dan dianggap layak dan mampu melaksanakan Supervisi .

b.                  Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2017/2018.

Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Pelajaran 2017/2018 disusun dengan mempertimbangkan hari efektif belajar dan disusun atas Jadwal Pelaksanaan Supervisi Akademis Semester Ganjil dan Jadwal Supervisi Akademis Semester Genap. Jadwal selengkapnya terlampir :
c.                   Rencana Supervisi Manajerial Internal

Pelaksanaan Supervisi Internal dalam bidang manajerial sekolah dilakukan pada setiap unit kegiatan yang ada dalam jajaran manajerial SD Negeri .............. Pelaksanaannya dilakukan bersama oleh Kepala Sekolah bersama dengan Pengawas Pembina pada setiap unit dengan target utama adalah pembenahan pada :
·                     Kinerja Tim Pengembang Kurikulum dalam mereviu dan merevisi KTSP
·                     Perlunya dibentuk Tim Pengembang Kurikulum SD Negeri ............. yang solid
·                     Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana
·                     Peningkatan pengelolaan lingkungan dan Budaya Sekolah
·                     Peningkatan sistem informasi manajemen
·                     Peningkatan Kemitraan dan kerjasama dengan stake holder/DU-DI
·                     Peningkatan Manajemen Pengelolaan Bengkel dan Labor serta optimalisasi pemakaiannya dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa
·                     Peningkatan kegiatan pengembangan diri meliputi 4 layanan konseling dan peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler

d.                  Jadwal Pelaksanaan Supervisi Internal Manajerial
Jadwal pelaksanaan supervisi internal manajerial akan disusun bersama dengan pengawas pembina SD Negeri Ketawang Karay I. disesuaikan dengan program pembinaan manajerial dari Pengawas pembina


BAB IV
P E N U T U P



            Demikianlah program supervisi SD Negeri. Ketawang Karay I ini disusun dengan harapan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan sekolah dan kualitas pembelajaran pada setiap program keahlian di SD Negeri. Ketawang Karay I Pada akhir tahun pelajaran akan dilakukan evaluasi dan dirumuskan tindak lanjut nya sebagai dasar penyusunan program supervisi SD Negeri Ketawang Karay I tahun pelajaran 2017/2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOLEKSI AKSI NYATA PADA PMM & TRIK LOLOS VALIDASI

 ANDA CEPAT LULUS TOPIK DI PMM DAN SEGERA DAPAT SERTIFIKAT ? Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah salah satu Platform Teknologi yang merup...