Evaluasi : kk b pedagogik
Kerjakan soal-soal berikut secara teliti dengan memilih satu jawaban yang paling tepat
1. Salah satu tujuan guru atau pendidik
mempelajari teori belajar adalah ….
A.
Untuk menguasai kompetensi professional
B.
Untuk menguasai kompetensi pedagogis
C. Untuk mengusai kompetensi sosial
D. Terampil mengajarkan teori belajar kepada
siswanya
2. Aliran dari
teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman
adalah ....
A. Behaviorisme
B. Kognitivisme
C.
Konstruktivisme
D. Humanisme
3. Implikasi dari
eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ….
A. Anak
akan belajar jika dibiasakan
B. Anak akan belajar jika selalu diperintah
nilai
C. Anak akan belajar lebih giat jika mendapat
nilai baik
D. Anak akan belajar jika diberikan motivasi
4. Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan
manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah .…
A. membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
B. membantu siswa belajar
bagaimana menghargai manusia lain
C. membantu siswa mengenal diri mereka sendiri
sebagai manusia yang unik
D. menjadikan dirinya menjadi
manusia yang berguna bagi orang lain
5. Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan
penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan
belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ….
A.
bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
B. bahan pelajaran merupakan materi yang
mutakhir
C. metode yang menggunakan multimedia
D.
model yang dmenggunakan model-model terkini
6. Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang
ada diantara para siswa. Untuk itu jika
guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ….
A. menggunakan metode, model atau strategi
pembelajaran yang bervariasi,
B. memberikan tugas yang
disesuaikan dengan tuntutan materi ajar
C. melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbeda-beda
D. melaksanakan pengayaan bagi
semua siswa, terutama pada siswa yang sudah menguasai bahan pelajaran
7. Ciri utama
pembelajaran berdasarkan konstruktivisme diantaranya adalah….
A. Fokus pada perkembangan dan kemampuan
kognitif siswa
B.
Peran guru sebagai pengajar lebih dominan dalam proses pembelajaran
C.
Terjadi perpindahan ilmu pengetahuan
dari guru kepada murid
D.
Pembelajaran berlangsung konstektual dan mengutamakan proses
8. Aliran ini
lebih menekankan bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi menarik. Artinya,
mendapatkan perhatian dari peserta didik diperlukan alat bantu. Alat bantu ini
sejalan dengan perkembangan teknologi. Teori ini tergolong aliran … .
A. Humannistik
B.
Behaviorisme
C. Sibernetik
D. Konstruktivime
9. Belajar
ialah pembentukan hubungan antara stimulus dan respons, dan pengulangan
terhadap pengalaman-pengalaman itu memperbesar peluang timbulnya respons benar.
Pengulangan dalam belajar akan melatih daya-daya yang ada pada manusia yang
terdiri atas daya mengamat, menanggap, mengingat, mengkhayal, merasakan, hingga
berpikir yang akan membuat daya-daya tersebut berkembang. Hal ini sesuai dengan
prinsip belajar...
A. Keterlibatan
langsung dan pandangan hidup
B.
Perhatian
dan motivasi
C.
Keaktifan
D. Pengulangan
10.
Siswa
belajar sungguh-sungguh dan mendapatkan nilai yang baik dalam ulangan. Nilai
yang baik itu mendorong anak untuk belajar lebih giat lagi. Nilai yang baik
dapat merupakan operant conditioning atau penguatan positif. Sebaliknya, anak
yang mendapatkan nilai yang jelek pada waktu ulangan akan merasa takut tidak
naik kelas, karena takut tidak naik kelas ia terdorong untuk belajar lebih
giat. Inilah yang disebut penguatan negatif. Pernyataan tersebut merupakan
prinsip pembelajaran ....
A. Tantangan
B.
Balikan atau
penguatan
C.
Perhatian
dan motivasi
D. Keterlibatan
langsung
Evaluasi : kk b profesional
1. Dari ramalan
cuaca kota-kota besar di dunia tercatat suhu tertinggi dan terendah adalah
sebagai berikut:
Moskow: terendah
5°C dan tertinggi 18°C; Mexico: terendah 17°C dan tertinggi 34°C; Paris:
terendah 3°C dan tertinggi 17°C; dan Tokyo: terendah 2°C dan tertinggi 25°C.
Perubahan suhu terbesar terjadi di kota ....
A. Moskow C. Paris
B. Mexico
D. Tokyo (soal UN)
2. Ibu memanen kebun melonnya. Melon tersebut dimasukkan ke dalam
keranjang. Terdapat 60 keranjang yang masing-masing berisi 22 melon, namun 3
keranjang diantaranya adalah melon yang busuk. Melon yang masih baik dijual
dengan harga Rp8.500,00/butir. Uang yang diterima Ibu adalah ….
A.
10.659.000 rupiah
B.
10.846.000 rupiah
C. 11.220.000 rupiah
D.
11.781.000 rupiah
3. Dua mobil travel A dan B berangkat dari poolnya secara bersama-sama.
Jika setiap perjalanan 100 km mobil A istirahat
dan mobil B istirahat setiap 120 km, maka mobil A dan B istirahat
bersama setelah menempuh jarak … Km.
A. 840 km
B. 720 km
C. 600
km
D. 300
km
4. Kakak Fey akan membuat parsel dari 24 botol sirup, 48 kaleng biskuit
dan 72 bungkus cokelat. Kakak fey ingin membuat parsel dari bahan-bahan
tersebut dengan jumlah yang sama untuk setiap bahan. Paling banyak parsel yang
dapat dibuat Kakak Fey adalah ….
A. 8
B. 16
C.
24
D. 30
5. Pak Sofyan mempunyai tanah berbentuk persegi dengan luas 8.464 m².
Sekeliling tanah tersebut akan dibuat saluran air. Panjang saluran air tersebut
adalah ….
A. 92
B. 184
C. 168
D. 372
6. Sebuah bak mandi berbentuk kubus, sepertiganya terisi air sebanyak
576 dm3. Tinggi bak mandi tersebut adalah … cm
A. 9
B. 12
C. 15
D. 20
7. Jika
, maka nilai dari a(b + c) bc adalah
…
A.
B.
C.
D.
8. Bilangan x adalah sebuah pecahan. Jika pembilang x ditambah 3, maka
diperoleh
pecahan baru .
Jika penyebut x dikurangi 1, maka diperoleh pecahan baru .
Nilai x adalah ….
A.
B.
C.
D.
9. Sekarang umur ayah dibanding
umur ibu adalah 6 : 5. Jika 6 tahun lagi perbandingan umur mereka adalah 7 :6,
Umur Ayah dan Ibu sekarang adalah ….
A. 36
dan 30 C. 30 dan 26
B. 30
dan 24 D. 36
dan 32
10. Suhu di dalam sebuah lemari pendingin 4°C, sedangkan Suhu di dalam ruangan 28°C.
Selisih suhu lemari pendingin dengan suhu ruangan adalah ... °C
A. 24
B. 26
C. 30
D. 32
Evaluasi: kk i
1. Setiap mata pelajaran memiliki karakteristik tertentu yang
membedakan dari mata pelajaran lainnya. Perbedaan ini menjadi pertimbangan
penting dalam mengembangkan ...
A.
Tujuan
B.
Kompetensi dasar
C.
Indikator
D. Kompetensi Inti
2. Penetapan pendekatan kompetensi
yang didahului dengan
mengidentifikasi apa yang hendak dibentuk, dibangun, dan diberdayakan dalam
diri peserta didik sebagai jaminan yang akan mereka capai setelah menyelesaikan
pendidikannya pada satuan pendidikan tertentu disebut ...
A. Indikator Pembelajaran
B.
Tujuan Pembelajaran
C.
Struktur Program Terstandard
D.
Standar Kompetensi Lulusan
3. Dari pernyataan dibawah ini manakah yang merupakan karakteristik
mata pelajaran PKn yang di integrasikan dalam Tematik Terpadu...
A. Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga
dan melestarikan lingkungan alam
B. Penghargaan terhadap hak asasi manusia, kemajemukan
bangsa, pelestarian lingkungan hidup, tanggung jawab sosial,
C. Untuk meningkatkan kemampuan
memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat
model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
D. Dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan
analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan
bermasyarakat yang dinamis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar